September 8, 2014

Peneliti Univ. Akron Memperoleh $800.000 untuk Riset Karet

Tags


AKRON – The National Science Foundation telah memberikan dana sebesar $ 800.000 untuk peneliti University of Akron, Judit E. Puskas atas proyek-nya guna menciptakan karet sintetis bebas halogen yang terbuat dari sumber daya terbarukan. 

Menurut siaran pers dari University of Akron, Puskas telah mengajukan $ 1.600.000 untuk proyek-nya, dengan kontributor NSF, Yayasan Kanker Payudara dan Divisi Karet dari American Chemical Society.

"Dana ini akan membantu mendorong “karet sintetis bebas halogen” yang merupakan bahan baru dan ramah lingkungan ke pasar" kata Puskas dalam rilisnya. "Dampak potensi ekonomi sangatlah penting karena penelitian (harus) berkembang menjadi produk komersial.

Jika berhasil, proyek penelitian Puskas akan menghasilkan bahan baru yang akan mengurangi jejak karbon dari proses manufaktur SR (karet sintetis) dan menghasilkan karet termoplastik yang biokompatibel, hemat biaya, dan lebih baik. Potensi aplikasinya meliputi komponen ban, stopper farmasi dan biomaterial. 

Materi bebas halogen merupakan bahan yang didasarkan pada teknologi Allomatrix yang dikembangkan di University of Akron, dan diuji oleh NSF Center for Tire Research (sebuah program kerjasama antara University of Akron dan Virginia Tech). 

Puskas merupakan Ketua dari Joseph M. Gingo di Teknik Kimia University of Akron.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon