September 9, 2014

Penantian 27 Tahun, Penyadap Karet dan Tukang Cendol Naik Haji

Tags


Metrotvnews.com, Ciamis: Setelah menanti selama 27 tahun, sepasang suami-istri yang berprofesi sebagai tukang cendol dan penyadap karet di Ciamis, Jawa Barat, akhirnya bisa menunaikan ibadah haji ke Mekah. 

Tidak ada hal yang mustahil terjadi bila Allah SWT sudah menghendaki. Demikian halnya dirasakan pasangan suami-istri Enjon bin Suminta Suharja (63) dan Aah binti Ahmad Winita (54), warga blok Leuwiliang, RT 1 RW 14, Dusun Munjul, Desa Buniseuri, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis. 

Pasangan suami-istri yang kesehariannya berjualan cendol dan menyadap getah karet, memenuhi undangan Allah SWT ke Baitullah untuk menunaikan ibadah haji. Enjon dan Aah menuturkan, pendapatannya yang pas-pasan dikumpulkan hingga akhirnya dapat menunaikan rukun Islam kelima.

Niatnya ingin menunaikan ibadah haji sudah tersirat sejak tahun 1987. Saat itu Enjon masih berjualan es keliling, akan tetapi karena niat yang kuat ingin menunaikan ibadah haji dibarengi doa, Aah pun selalu menyisihkan hasil pendapatan suaminya itu untuk ditabung di salah satu bank. 

Aah pun sering mengaku uang dapur yang diberikan suaminya itu sering habis digunakan untuk keperluan sehari-hari dan menyekolahkan kedua anaknya. "Tapi sedikit demi sedikit saya nabung karena saya ingin sekali menunaikan ibadah haji. Saya nabung tanpa sepengatahuan bapak," ungkap Aah. 

Dia menambahkan, sebagian penghasilan suaminya itu tidak menentu, terkadang bila penghasilan suaminya sedang baik dia mampu menabung hingga Rp500 ribu dalam satu minggu. Sejak saat itu, Enjon dan Aah pun berupaya keras untuk menutupi kekurangan ongkos naik haji yang masih dianggap belum cukup. 

Bahkan pernah uang tabungan yang semula untuk menunaikan ibadah haji digunakan Enjon untuk membeli kebun karet seluas 1 hektare yang sudah ditanami pohon karet sekitar 1.000 pohon. Dari hasil penjualan getah karet itu pundi-pundi keuangan keluarga ini pun semakin membaik. 

Dengan kondisi keuangan itu, pasangan ini pun semakin yakin dan meningkatkan niatnya untuk menunaikan ibadah haji. Aah yang mendaftarkan diri menjadi calon jemaah haji pada tahun 2010 silam, akhirnya dari penantian yang panjang pasangan ini pun terdaftar di kelompok bimbingan ibadah haji Alarifin Kabupaten Ciamis. Menurut rencana pasangan ini akan bertolak dari Ciamis menuju asrama haji di Bekasi pada Minggu (7/9/2014), kelompok terbang kedua Ciamis. 

(Lal) 

Ref.: Metrotvnews.com: Yosep Trisna - 06 September 2014 12:40 wib

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon