October 11, 2014

Continental Buat Ban dari Dandelion Lateks



HANOVER, Jerman - Continental AG telah mulai membuat ban-uji terbuat dari karet dandelion (karet yang berasal dari lateks tanaman dandelion) dan memproyeksikan produksinya dapat segera dimulai 10 tahun ke depan. 

Continental menampilkan ban-uji pertama yang terbuat dari karet dandelion tersebut pada International Motor Show Commercial Vehicles di Hanover pekan ini (akhir Sept 2014-ed). Conti memberi nama ban-uji tersebut Taraxagum, yang berasal dari nama botani untuk dandelion (Taraxacum).

Ban tersebut merupakan ban kendaraan penumpang untuk musim dingin, dengan tapak ban terbuat dari Taraxagum sebagai pengganti karet alam. Continental mengatakan bahwa kemajuan ini membawanya lebih dekat kepada tujuan yaitu membuat produksi ban yang lebih berkelanjutan dan tidak terlalu bergantung pada bahan baku tradisional (karet alam-ed). 

"Setelah beberapa tahun pengembangan yang bekerja sama dengan Fraunhofer Institute, kami sangat gembira untuk segera menguji ban dandelion pertama ini di jalanan," kata Nikolai Setzer, anggota dewan eksekutif Continental yang bertanggung jawab pada Divisi Ban. 

"Dalam rangka mengoptimalkan penggunaan hasil panen dandelion, kami memutuskan untuk membangun ban mobil penumpang musim dingin, karena ban tersebut mengandung porsi tinggi karet alam," katanya. 

Ban akan menjalani pengujian menyeluruh di lapangan uji Contidrom di dekat Hanover, serta di Arvidsjaur, Swedia. 

Continental berniat untuk membuat industrialisasi karet dandelion dan memulai produksi serial dalam lima sampai 10 tahun ke depan. 

Conti dan Germany’s Fraunhofer Institute for Molecular Biology and Applied Ecology di Aachen mengungkapkan kerjasamanya untuk memproduksi karet industri dari tanaman dandelion pada Oktober lalu. Proyek ini juga melibatkan Julius Kuehn-Institut dan pemulia tanaman Aeskulap GmbH.

"Proses pengembangan Taraxagum sejauh ini sangat menjanjikan dan kami lanjutkan dengan industrialisasi bersama-sama dengan mitra kami," kata Andreas Topp, kepala material dan proses pembangunan dan industrialisasi untuk ban Continental.

"Kami sangat yakin bahwa hasil penelitian kami akan terkonfirmasi melalui pengujian ban dan bahwa mereka akan memenuhi target kinerja."

Tujuan jangka panjang proyek ini adalah untuk menemukan solusi yang layak secara ekologi, ekonomi serta sosial atas meningkatkannya permintaan karet alam, kata Conti.

Rusian dandelion dapat dibudidayakan pada daerah yang sebelumnya tidak terpakai di daerah bertemperatur sedang di seluruh Eropa, yang juga dekat dengan pabrik ban Continental. Rute transport ini lebih pendek dan mengurangi dampak lingkungan.

Pada bulan Mei 2014, proyek karet dandelion dianugerahi penghargaan lingkungan dan ekonomi Greentec Award dalam kategori otomotif.

Source: diterjemah dari rubbernews.com

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon