October 14, 2014

Tow Karetpedia 121014


Setelah pekan sebelumnya libur karena bertepatan dengan Hari Raya Kurban, minggu ini Tow Karetpedia kembali lagi. Seperti biasa tweet of the week karetpedia #towkaretpedia menampilkan kicauan-kicauan yang menarik, relevan dan tentunya terkait dengan topik #karet. Untuk towkaretpedia edisi 121014 kali ini menyoroti topik terkait perkembangan riset dari Russian dandelion yang sudah sangat pesat. Seperti telah diberitakan bahwa saat ini salah satu produsen ban Eropa, Continental, telah mulai melakukan uji lapangan terhadap ban yang terbuat dari lateks dandelion. Kemajuan riset ini sangat menarik karena akan sangat mungkin mempunyai dampak signifikan bagi karet alam Hevea.

Karet alam bersama karet sintetis merupakan komponen utama dalam ban kendaraan. Khusus untuk karet alam, sekira 70% digunakan sebagai bahan baku pembuatan ban, sedangkan sisanya untuk keperluan lain seperti sarung tangan, alat-alat kedokteran, selang, kondom, dsb. Jika karet alam diganti oleh dandelion, maka akan terjadi pengurangan yang cukup signifikan dari konsumsi karet alam. Tentu dampaknya akan sangat besar. Antisipasi untuk hal ini perlu segera dilakukan, mengingat target Conti untuk produksi massal ban dari lateks dandelion adalah 10 tahun ke depan. Konsumsi karet alam di dalam negeri (dan juga di negara-negara penghasil karet alam) harus ditingkatkan, dan juga diversifikasi produk karet alam.

Dan terkait dengan topik di atas, maka towkaretpedia edisi kali ini menampilkan topik si cantik bunga dandelion, yang dari akar tanaman ini dihasilkan karet. Tanaman dandelion banyak tumbuh di daerah bertemperatur sedang di Eropa. Berikut kicauan-kicauan terpilih:






Demikian #towkaretpedia edisi kali ini. Semoga bermanfaat.

Thank you @nokia @cubist9a and @PhuketDailyNews.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon