January 11, 2017

Thailand Banjir, Produksi Karet Anjlok, Harga Naik

Diberitakan Reuters (9/1) bahwa banjir yang melanda Thailand bagian selatan telah menyebabkan 21 korban meninggal, produksi karet anjlok dan infrastruktur lumpuh. Ini adalah musim hujan yang tidak biasa. Musim hujan di Thailand biasanya berakhir pada bulan November, sangat jarang terjadi hujan lebat dan banjir pada Januari. Hujan lebat tsb melanda 12 propinsi di Thailand. Jalur penerbangan di Provinsi Nakhon Si Thammarat telah ditutup, begitu juga jalur kereta api.

Thailand bagian selatan merupakan sentra perkebunan karet, dan musibah banjir ini datang pada waktu yang sangat tidak pas. Banjir ini merupakan yang terparah sejak 10 tahun terakhir, dan waktunya pada tahun yang sama dengan musibah kekeringan. Harga karet diperkirakan akan naik akibat permintaan yang melebih suplai. Akan banyak kontrak penjualan karet yang tak dapat dipenuhi akibat banjir besar ini. 
 banjir di luar musim di thailand akibatkan produksi karet anjlok

Terkait, dengan harga karet, pelaku industri karet juga percaya bahwa harga karet akan terus naik mulai tahun ini karena ekonomi yang semakin stabil dan permintaan yang melebihi suplai. Kenaikan harga juga diakibatkan oleh pembatasan ekspor dari negara-negara produsen utama karet.

Dikutip dari Bangkokpost, bahwa belum ada data tentang berapa turunnya jumlah produksi karet akibat banjir, namun diperkirakan sekitar 5% dari total output akan berkurang dari pasar. Departemen Meteorologi berharap bahwa hujan lebat akan berakhir dalam 2 minggu ke depan, sehingga dampak banjir dapat berkurang. Kendati demikian, bulan Februari biasanya merupakan waktu ketika tanaman karet mulai mengalami trek, turun produksi, akibat gugur daun, sehingga produksi masih akan tetap rendah. Akibat trek ini produksi karet bulanan akan drop sekitar 150.000 ton.

Harga karet juga diperkirakan akan naik atau bertahan di atas 2 dollar karena banyak area telah mengalami konversi ke tanaman lain sehingga produksi turun. Rendahnya harga karet selama beberapa tahun sangat memukul petani dan pelaku industri karet sehingga sebagian memilih untuk beralih budidaya. Dan perlu waktu 5 tahunan untuk menunggu tanaman baru dapat disadap.

Hal yang mungkin berpengaruh negatif pada harga karet adalah kemungkinan kebijakan Presiden baru AS yang akan memproteksi ekonomi sehingga cenderung mengurangi impor negara itu.

Secara umum diharapkan harga karet 2017 akan mempunyai tren positif.




Artikel Terkait


EmoticonEmoticon