February 10, 2017

Harga Karet Trus Naik Sampai April 2017

Kenaikan harga karet yang mulai dirasakan sejak akhir tahun 2016, masih terus berlangsung hingga saat ini. Harga karet yang tahun lalu berada pada level sekitar 1.2 - 1.3 USD per kg bahkan pernah 1.07 USD, mulai naik sekitar bulan November 2016 menjadi 1.7 USD. Pada akhir Desember 2016, harga karet mencapai 1.9 USD, dan akhir Januari 2017 harga karet mencapai 2.27 USD per kg. Artinya harga karet saat ini telah naik menjadi sekitar 2 kali lipat dibandingkan harga setahun yang lalu. Harga karet saat-saat sekarang ini merupakan yang tertinggi dibandingkan harga selama kurang lebih 5 tahun terakhir. Beberapa faktor memicu kenaikan harga karet yang sangat signifikan tersebut.



Pada tanggal 5 Februari lalu, Reuters memberitakan dalam TOP NEWS dengan judul "Elastic band: Chinese speculators ping global rubber prices to 5-year high". Bahwa para investor negeri tirai bambu sedang berspekulasi memborong karet alam untuk menghidupkan kembali pertumbuhan dan memicu sektor automotive negeri itu. Mereka juga berharap akan adanya stimulus dari kebijakan Presiden Trump yang akan menggerakkan ekonomi Amerika.

Tindakan para investor tsb bertepatan dengan kondisi yang terjadi di Thailand selatan yang mengalami hujan lebat dan banjir. Banjir yang diluar musim dan menimpa daerah sentra karet menyebabkan terhambatnya suplai karet alam. Diperkirakan sekitar 5% suplai berkurang akibat hujan dan banjir. Keadaan terbatasnya suplai karet juga akan berlanjut karena datangnya musim gugur daun yang biasa terjadi bulan Februari sampai April. Produksi kebun karet akan drop karena kondisi tsb. Tren harga karet diperkirakan akan trus naik sampai April 2017 karena keterbatasan suplai, atau paling tidak akan bertahan pada level harga yang tinggi.

Reuters juga memberitakan bahwa Beijing telah memperbarui incentive untuk menggerakkan sektor automotif di kelas mobil kecil dan ramah lingkungan. Hal itu juga dibarengi dengan aturan batas muatan truk sehingga tampaknya akan meningkatkan kebutuhan pembelian truk dan tentunya juga ban.

Disisi lain, kenaikan harga karet alam yang signifikan merupakan peringatan bagi industri ban. Harga bahan baku menjadi naik sehingga akan memangkas keuntungan dan margin. Dan biasanya kalau hal tersebut terjadi maka dalam beberapa bulan kemudian akan terjadi kenaikan harga ban kendaraaan.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon